Perjalanan Menylusuri sungai bedog Yogyakarta part III

Setelah  tersasar di karenakan  mengikuti petunjuk yang salah, [sial di sasarin ma penaga toko]. dan  kemudian harus berbalik jalan  akhinya kita sampai di desa guwosari. tempat  pertenghan dari  sungai bedog. dan melakuakan pemotretran tempat untuk  dokumentasi, kita pun melanjutkan  perjelanan ke tempat terakhir . yaitu di hilir dari sungai bedog peretemuan antara sungai bedog dan sungai progo.

dari tempat pos kedua kita berjalan naik menelusuri bantaran sungai yang sudah di beri penbatas beton. dan di samping-sampingnya terdapat tanaman tebu dan rumput gajah. kita menuju parkiran motor kita. sesampainya di parkiran motro kita berbincang2 dulu sambil   nyalakan rokok dan minum [ haus soalnya -_-],  dan masih ngerasa dongkol  sama penjaga toko yang meberikan petunjuk yang salah kepada kita. 'duh tuh orang klo gak tau kenapa gak bilang aja sih .. malah ngasih petunjuk yang salah' kata sandi ..... kita pun serentak bilang 'ya'  .

'yuk lanjutin perjalanan kita'   ujar beny [mahasiswa perguruan tinggi suasta di jogja  yang bakal melakukan penelitian benrsama dengan sandi dan hasman]. dan kamipun melanjutkan perjalanan menuju tempat terakhir perjalanan ini yaitu hilir sungai bedog. dengan sebatang rokok d tangan qu pun pelajukan kendaraan dengan santai  sambil melihat2 pemandangan di sekitar.

tak berapa lama kita meneukan sebuah pertigaan 'mau ambil kanan apa kiri?'  ukar qu terhadap teman-teman
'terserah mas' kata dani  , qu pun menggambil jalur kanan. karena masih agak ragu qu pun berhenti dan meannyakan arah yang benar 'maaf mas kalo hilir sungai bedog  lewat jalan yang mana ya?' ujar qu kepada warga sekitar yang sedang menggiling kelapa. 'oh mas saah ambil jalan ... '  ujarnya...... ups salaha jalan ernyata. dan qu pun memberitahuakan teman-teman. 'ambil jalan yang 1 nya'.......... 'ok' sahut mereka.

kita melanjutkan perjalanan dengan menggambil jalan yang satunya.  'wih ampi aja kita nyasar lagi -_-' ujar qu kepada teman - teman .... 'iyo' saut mereka.  karena sebatang rokok qu dah habis maka  qu pun melajukan motor dengan agak cepat. 15menit pun berlalu dan kami menemukan pertigaan lagi. 'duh banyak banget pertigaan sih.. lewat mana ya' ujar qu kepada teman teman. 'dah tanya lagi ja ndrong'  kata sandi.

dan qu pun berhenti kan menanyakan kepada orang yang sedang duduk-duduk di  depan toko. 'maaf pak klohilir sungai bedok d  lewat jalan yang mana ?'[duh nih wananya sama mulu -_-.... dalam hati wa]  dan dia pun menyaut ' mas belok kiri trus nanti ketemu polsek belok ... setelah polsek ana gang masuk ke kiri mas belok kirir'....'ohh... terimakasih ya pak' ujar qu.

'yuk jalan lagi'ujar qu kepada teman-teman. dan kitapun mengabil jalur ke arah polsek pajangan. detengah-tengah perjalanan kita melihat polisi yang sedang menggunakan senjatanya  dan membidikan ke atas pohon. 'ini kalu ya ndorong polsek nya ... tuh ada plisi' ujar sandi yang di bonceng ma qu. 'gimana nih kita turun tnaya lagi.. apaikitin jalan kiri ini[soalnya ada belokan ke arah kiri]'  ujar qu.

'dah nanya lagi ja ndong ' ujar sandi.    dan qu pun turun dan menanyakan kepada polisi itu. 'maaf pak klo hilir dari sungai bedog yang ketemu ma sungai progo sebelah mana ya'.  dan polis itu terliaht berfikir.....ada salah satu pegawai bank yang menjawab'mas terus aja nanti ketemu polsek  agak ke barat ada belokan kekiri   nah nanti belok mas'..... [dalam hati qu .... wlwh ni bukan kantor polisi ya].

dan kami pun maelanjutkan perjalanan ke arah barat.  kami menjumpai kantor bulog d  tengah - tengah perjalanan itu. dan tak berapa lama dari kantor bulog itu terdapat polsek pajangan  dan benar setelah plsek itu ada gang ke arah kirir. dan  kami pun belok ke arah kiri.

kita menelurusi jalan desa yang sudah di  cor[di lapsi semen  tapi tak seluruh badan jalan hanya sebatas ban mobil]...... setelah jalan beberapa lama kami menemui warga sekitar dan berhenti untuk menanyakan letak hilir sungai bedok itu lagi. 'maaf pak tempukan kali bedog kalih kali progo ten pundi gih [pertemuan sungai bedog dan sungai progo sebelah mana ya]'........... dan warga itu menjawat [mas melu dalan niki trus .. mengke nemu pudunan nah ten mriku mas]...... 'matur nuwun geh pak'......  ups  sori kek bahasa jawa .. soalnya dia pake bahasa jawa sih jawabnya .. he he he

artinya kita suruhlurus aja dan nantiketika meneukan turunan  nah di situlah tempatnya. dan kita melanjutkan perjalanan. jalan yag kita lalu  pasah d karenakan guyuran hujan  tadi[yang di ceritakan di pagian awal cerita ini]... tak lama kita menemukan turunan dan ternyata  disana terdapat pertemuan sunagi itu. di sana sudah ada parkiran  dan kami pun memerkir  motor kami di sana.

pertemuan itu tenyata sudah di buat  dam[duh apa ya artinya... pokoknya hampir mirip bendungan kecil]  yang sekaligus sebagai jemabatan. dan kami mengambil gambar  bantaran kali itu. disana ada beberapa orang yang sedang mengambil pasir dari kali[ menyelam mereka ..soalnya kali agak dalam]. setelah jeprat-jepret bantaran .. untuk dokumentasi selesai kita memuturkan untuk melihat sungai progo.

dan disana ada orang-orang yang sedang memancing, bukan hanya orang dewasa tetapi ada juga anak-anak yang sedang memancing. kami pun turun ke bantaran sungai progo melihat delta[pasir yang menumpuk d tengah kali progo... bnayak banget pasirnya], tak lupa kita bergaya jeprat-jepret[mungkin nanti bakalan  qu post hasil jeprat-jepretnya]....

huhh ahirnya berakhir juga perjalanan ini.  dan di akhr perjalanan kita bisa menemukan pemadangan yang bagus. kita merasakan senang dengan perjalanan  ini. dan terlintas d pikiran qu [nanti klo di suruh antar mereka melakukan penelitian bakalan bawa pancing nih]..... dan setelah beberapa menit d sana kita pun berencana untu pulang............. perjalan pulangkayan gimana ya?..... tunggu d postingan berikutnya

Komentar

Postingan Populer