Perjalanan Menylusuri sungai bedog Yogyakarta

Perjalanan ini berawal dari obrolan anak satu kost qu yang akan mengadakan penelitian untuk memenuhi tugas skripsinya. dalam tim penelitian nya ada 3 orang dan ke tiga- tiganya bukan berasal dari pulau jawa,  dikarenakan itu mereka bingung untuk mencari letak hulu, pertengahan, dan hilirnya. walaupun mereka sudah memiliki nama daerahnya, ya namanya bukan warga asli pastilah bingung.

di karenakan itu  qu coba tuk mengantar mereka,  padahal  qu sendiri gak terlalu paham hihihih,  untung saja mereka dah memiliki batas2 dari sungai bedog, jadi tinggal cari pake google map.  setelah googling akhirnya qu da pandangan tempat2nya,  ya setidaknya qu  tau jalan2 mana yang harus d ambil.

setelah itu kita merencanakan keberangkatan[walau dadakan] kita berangkat setelah dzuhur, muali dari kost kita berangkat 5 orang, memabawa 3 sepeda motor. star darikecamatan umbulharjo  mengarah ke daerah hulu dari sungai bedog yaitu kec kasian desa tirtonirmolo. melewati pojok benteng  kulan kita belok ke arah jalan bantul, sampainya di ringrood setatan juaca mulai gak bersahabat. di daerah itu  sudah gerismis. dan setelah 100m dari ringrood kearah selatan hujan mulai besar, dan kita memutuskan untuk berteduh di salah satu emperan toko.

sambil menunggu hujan reda kita ngobrol2 untuk mencari tepat daerahnya, dan qu memberanikan tuk menanyakan tentang  letak sungai bedok pada penjaga toko, awalnya iya memberi tahu bawah letaknya  masih kearah selatan sekitar 500 m, setalah mereka berfikir ulang ternyata letaknya  masih kearah barat dari tempat berhenti kita.

dan setelah hujan muali reda sekitar 5 menit kita melanjutkan perjalanan, [dalam hati ternyata qu salah ambil jalan], ok kita berbalik ke arah ringroot kemudian mengikuti ringroodke atah barah. penjaga toko tadi berkata  setelah menemukan perempatan besar keselatan dikit nah nanti akan menemukan jembatan nah di situ letak sungai bedok.

karena masih kurang percaya  di perjalanan ke arah barat itu kita berhenti dan menanyakan kepada warga sekitar yang lagi duduk2 d angkringan dekat ringrood, dan ternyata mereka memberikan petunjuk yang sama. ok setelah nyakin makan kita melanjutan perjalanan,

setelah menemukan perematan kita berjalan lurus ke barat se panjang 300m dan menemukan gang, kita berbelok ke arah kiri menelusuri jalan kecil dan setelah 500m kita menemukan pertigaan kemudian mengambil ke arah kanan tidak jauh dari situ kita menemukan jembatan. awalnya kita ragu bahwa itu adalah  sungai bedog.  kita berhenti sejenak untuk meliahat2 daerah itu.

tidak jauh dari jembatan itu ada jalan menuju ke selatan  da kita mengikuti jalan itu... bermaksud untuk melihat lebih dekat dari sungai itu dan mencari informasi apakah sungai itu sunagi bedog. dan akhirnya kita menemukan warung klontong dan kita menanyakan apakah sungai itu adalah sungai bedok dan dimanakah letak hulunya,  sang penjual membenarkan bahwa sungai itu adalah sungai bedog. tetapi letak huunya  berada di dekat ringrood.[opp ternyata kita terlalu jauh keselatan]  dan  ada salah satu warga situ yang bersedia mengantarkan kita ke hulu dari sungai bedog [baik hati banget nih orang -_-]

'mari mas ikut dengan saya'  ujar  orang itu. ok kita mengikuti orang itu dan menulusuri jalan yang tadi telah kita lewati. sesampainya di dekat mushola  dia berhenti. 'mas dusun daerah hulu dari sungai bedog'  ujarnya.
 kami menyaut 'ohh.. terimakasih ya pak dah mau mengantarkan kami'.... 'mas tinggal ambil kearah barat ' ujar orang yang baik hati itu.  dan kita pun mengikuti arahan dari orang itu.

sesampainya di dekat ringrood kita memutuskan untuk mengambil jalan kecil sebelum ringrood  karena jikamelewai ringgrood  nanti susah untuk berbalik arahnya... jauh gitu.  setelah kita mengikuti jalan itu  akhinya kita menemukan sungai bedog.

samapidi sana kita memarkirkan  motor kita di laha kosngong dekat belokan atas sunagi bedok. dan kita pun berjalan ke bawah untuk melihat daerah hulu dari sungai . samapi d bawah ternyata sungainya cukup dalam. sebelumnya kita sudah membawa kamera digital untuk mengambil gambar  daerah itu rencananya. sampai di sana ternyata  malah buat nasris2an. jepret sana jepret sini sambil bergaya.  setelah megambi foto dengan gaya2 banyak dan  memfoto daerah sekitar bantaran sungai kita berencana untuk menuju ke tempat selanjutnya.......................................................... perjalanan ketempa berikutnya bakalan wa terusin d postingngan berikutnya -_-

Komentar

Postingan Populer