Perjalanan Menylusuri sungai bedog Yogyakarta part II

Pada posting sebelumnya di ceritakan bahwa kita berlima akan mengelusuri sungai bedog yogyakarta  untuk melihat kondisi bantaran sungai itu. setelah bertanya kesana dan  ke sini akhirnya kita sampai di hulu dari sungai bedok  yang letaknya di  kec kasian bantul. sampai di sana kita mengambil gambar daerah bantaran itu sekalian jeprat-jepret  bedaya dikit, kali ja bisa jadi model dadakan ...-_-

setelah itu kita akan melanjutkan perjalanan ke pertengahan dari sungai bedog, yaitu di daerah guwosari pajangan bantul, kita mulai berjalan naik menghampiri motor kita yang terparkir di lahan kosong milik warga situ. setelah sampai di tempat parkir motor kita, kebetulan ada warga sekitar yang lewat , karena  masih gak kebayang kemana arah selanjunya maka kita coba tanya 'maaf bu kolo arah mau ke pajangan lewat jalan mana ya' . merekajawat 'mas lewat ringrood ke arah timur tar nemu perempatan besar belok kanan..... trus aja segitar 5 KM'..........

setelah dapat petunjuk dari warga setempat akhirnya kita mulai jalan menuju pajangan, tapi gak sesuai dengan yang  di bilang orang tadi .. doalnya klo kita lewat ringrood  terlalu jauh untuk balik arahnya. kita  melalui jalan desa menuju  jalan yang di tunjuk orang tadi.. setelah keluar dari jalan desa kita sampai d samping pabrik tebu dan mengambil  arah kanan  menuju daerah kasongan.

sesampainya pertigaankasongan kita belok kearah kana. karena  jalannya terlihat kecil maka kita memutuskan untuk menanyakan  kepada warga sekitar[takut salah jalan]. 'maaf mbah klo mau ke pajangan lewat mana ya'...  orang itu menjawab 'walah mas masih jauh sekitar 4,5 kiloan  ....  setelah pertigaan  depan itu mas belokkanan...... trus sampe nemu SD yang tingkat trus belok kanan..... abis tuh mas ikutin aja jalan itu'........qu pun menjawab 'makasih mbah'.

karena diberi petunjuk masih jauh otomatis  qu tancap gas  mengikuti arahan orang itu. setelah  beberapa menit dengan kondisi mengebut ,  tiba2 teman  yang di belakang qu pencet klakson dan menyalipqu. 'ada apa' tanya qu.... mereka jawat 'motor teman kita yang satu lagi bocor... balik arah'........ karena denger berita itu qu langsung balik arah menghampiri teman qu itu yang ternyata sudah berada di bengkel.

'bocor dimana e' tanya qu.... dia jawab ' tuh mas pas kita berenti dan tanya ma mbah tadi  pas mau berangkat  motor qu kok terasa betat..... eh ternyata  bocor'....... sambil ketawa- ketiwi qu pun menjawab ' oalah sial bener ya  hihihi'. sambil nunggu motor d tambal kita berbincang- bincang banyak.

tentang kulaih teman dan rencana selanjutnya. 'segini kita belom bawa alat ukur dan lain sebagainya ya' ujar teman satu kost qu.  dani [teman sekelas  sandi teman 1 kost qu..... dani nih berambut cepak... mahasiswa rajin dengan IP besar... sebenarnya dia gak ikut dalam penelitian ini .. tapi ikut karena mau ngantar temennya n sekalian jalan-jalan] 'huuh .... tar klo kalian bawa alat-alat buat penelitian ... kita mah bawa  alat pancing ya mas ex' ujarnya kepada qu. ' iya dan selagi mereka melakukan penelitian kita mancing ya' serontak kita pun kertawa

seteah ngobrol kesanakesini  akhirnya motor yasman[  anak yang abakal melalukan penelitian dan motornya bocor] sudah selesai di tambah. kami pun bersiap-siap tuk berangkat lagi. 'masih jauh nih jadi agak kenceng ya bawa motornya' ujar qu .... 'iya drong   lagian nih yang pada bawa motor d jalan nih pada kayak iblis semua ... wusss wusss'   ujar  sadi  temen satu kst qu.

dan kita pun melanjutkan perjalanan menuju desa guwosari, jalan yag ita tempuh  mulai berbukit2 [nanjak kitu] setelah berjalan kira2 3 kilo, kita pun berhenti untuk menanyakan  letak desa tesebut. kita berhenti di sebuah toko , sekalian sih beli rokok dan air di situ pun kita  bertanya kepada sang penjual 'pak klo desa guwosari   di sebelah mana ya'.... sag penjual pun memberi jawaban 'mas ikutin aja nih jalan nanti ada palngnya kok'. rokok dan minuman pun sudah terbeli dan kita pun melanjutkan perjalanan.

setelah berjalan lama sambil melihat plang dan kita tidak menemukan palng itu, kita pun menemukan pertigaaan. karena takut kesasar  qu pun  memberanikan untuk bertanya kepada warga sekitar, kebetulan di depan pertigaan ada toko. qu pun bertanya 'maaf bu klo mau ke pajangan lewat jalan yang mana ya'.....' ohh.. ini mass belok kiri lurus aja... sambil menunjukan jalannya' jawab penjaga toko. iya pun mengajukan pertanyaan 'eman mas nya mau kemana?' qu pun menjawab 'mau ke desa guwosari'.

'wah .. klo mau ke gowo sari lebih dekat lewat  jalan gowo slarong mas.... mas puter balik.. nanti nemuperempatan besar belok kana ... trusnanti klo dah nemu SD belok kiri ....1 kilo dari gowa serarong'... ujar penjual toko itu..... kemudian saya  menggambarkan denah dari kata-kata penjual itu... langsung ja qu datang ke teman2  memberitahukan bahwa  kita harus balik lagi.

lalu kita jalan baik.... jalan agak lamba sambil cari tau mana perempatan  yang d maksud.setiap kali menemukan pertigaanatu perempatan kita bertanya kepada warga sekitar. dan pada akhirnya kita menemukan perempaan besar yang ternyata dekat dengan tempat  kita membeli rokok dan minuman tadi.

setelah kita belok kanan  masih dengan jalan lambat kita berbincang2 ...'sial kita d tpu ma bapak2 penjual rokok n minuman itu'... ujar qu....... teman2 nyaut ' huuh sial'..... kemudian kita jalan agak cepat dan menemukan SD trus mengambil arah kiri..... setelah jalan  agak lama ... dan menemukan plang... arah ke bantuk dan pajangan kita berhenti d sebuah toko dan menanyakan tentang tempat desa guwoharjo.

'mas lurus aja ikutin jalan gede sekitar 1 KM... nanti nemu balai desa  d kanan jalan'  ujar penjaga toko deka gowoslarong. kemudian kita jalan lagi. setelah  berjalan sekitar 1 km  kita menemukan sebuah suangi. kemudian kita bertanya kepada warga sekitar situ. 'apa ini sungai bedog dan ini desa guwoharjo' ujar qu.....'iya mas'...... jawab warga setempat yang juga baru datang. kemudian kita  cari jalan untuk mendekat ke sungai. mearkir sepeda motor d  pingir jalan.

samapai di bawah ternyata sungai   agak kotrodengan sampah. dan ada beberapa orang yang mencari ikan di sana .  dan kita pun mengambil gambar sekitar bantaran kali itu.......  dan gak lupa jepratjepret  begaya.. he he he...

bersambung

Komentar

Postingan Populer